Miliki koleksi gambar desain rumah minimalis modern terbaru sebagai inspirasi dalam membangun hunian yang nyaman

Partisi Antara Ruang Keluarga Dan Ruang Tamu

Partisi Ruangan

Gerak penghuni ruangan pun bisa dipermudah dengan adanya partisi ini. Apabila pemilik hunian ingin menyesuaikan alokasi ruangan dalam huniannya biaya renovasi juga tidak setinggi jika harus membongkar tembok. Namun yang perlu diperhatikan juga adalah perputaran udara dan pencahayaan karena membiarkan bagian-bagian tertentu hunian kekurangan sirklasi udara dan pencahayaan tidaklah bagus. Dengan sekat-sekat ini tembok permanen tidak perlu lagi dibuat, sehingga selain memberi kemudahan dalam perawatan, biaya partisi ruangan ini relatif lebih murah. Sekalipun demikian sekat non permanen ini relatif mudah dipindahkan atau digeser, menyesuaikan kebutuhan ruang di dalam hunian.


partisi ruangan minimalis

Partisi Ruangan Minimalis. Ini tentu saja tidak bisa dilakukan pada sekat menggunakan tembok permanen. Pemasangan sekat atau sekat menjadi populer sejak perumahan-perumahan modern dibangun, baik itu hunian minimalis atau hunian yang berukuran lebih luas. Misalnya, ketika sebuah hunian hendak menyelenggarakan acara hajatan sambil mengundang tamu lebih banyak, item-item sekat bisa dipinggirkan terlebih dahulu, alias bisa dibongkar pasang dengan mudah. Jika memungkinkan, ruangan yang terlalu luas ini bisa disekat-sekat untuk membuat pemanfaatan fungsi ruang menjadi lebih efisien dan efektif. Seringkali ruangan di dalam hunian terlalu luas untuk difungsikan sekaligus bagi berkumpulnya beberapa aktivitas. 

Dalam mempartisi bagian-bagian hunian, perhatikan pula teknik cleaning yang pastinya akan menjadi rutinitas sehari-hari. Sekat ruangan bisa memberi kesan pribadi tambahan dimana ruangan tertentu mendapatkan privasi yang relatif bebas dari gangguan lalu lalang penghuni hunian lainnya. Untuk sekat pada ruang yang tingkat privasinya lebih rendah, contohnya untuk ruang makan, penggunaan sekat dengan bahan kayu kombinasi kertas akan lebih baik. Misalnya, jika sekat dilakukan buat menyekat ruang yang sifatnya lebih pribadi, bahan dari gypsum menjadi alternatif yang baik. Pemilihan bahan ini disesuaikan dengan tingkat privasi yang ingin didapatkan. Demikian pula, ada banyak bahan partisi yang dapat dipilih. Mulai misalnya dari gypsum, kayu hingga stainless steel, aluminium atau logam yang lebih mahal. 

Baca juga :  desain pintu rumah
Dan yang lebih penting ialah, partisi tersebut memungkinkan kegiatan di dalam hunian tidak terganggu, tetapi berjalan lebih efektif dan efisien. Gunakan warna dan corak yang sesuai dengan hunian anda. Untuk mendukung estetika hunian, penggunaan partisi dapat memberikan kesan yang diinginkan oleh si pemilik hunian. Kesalahan terbesar jika partisi yang direncanakan itu nantinya malah dapat menjadi sarang hama seperti tikus dan kecoak. Dengan adanya partisi hunian harus tetap bersih, higienis, dan bebas dari kuman dan kotoran. Partisi tidak boleh membuat penghuni hunian kesulitan dalam membersihkan hunian dan bagian-bagian partisinya.

Partisi Antara Ruang Keluarga Dan Ruang Tamu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown